Header Ads

Cara Investasi Reksadana bagi Pemula

Cara Investasi Reksadana - Reksadana adalah kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Kemudahan reksadana terletak pada besaran investasi yang tidak perlu sebesar saham, yang memerlukan modal puluhan juta. Anda hanya perlu menaruh sejumlah modal yang dipercayakan kepada profesional untuk membeli saham sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan saham atau obligasi apa yang harus dibeli, manajer investasi yang akan mengelola modal anda.

Cara Investasi Reksadana bagi Pemula yang Mudah

Investasi pada reksadana adalah salah satu investasi strategis bagi masyarakat pemodal, termasuk bagi para pemodal kecil dan orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu dan pengetahuan yang mendalam mengenai literasi keuangan, khususnya untuk menghitung resiko atas suatu investasi. Namun banyak orang tidak mengetahui Cara Investasi Reksadana.

Bagaimanakah Cara Investasi Reksadana? Beikut adalah langkah-langkahnya

Cara Investasi Reksadana bagi Pemula yang Mudah dan Menguntungkan


1. Tentukan Tujuan
Tujuan anda b erhubungan dengan jangka waktu investasi dan jenis reksadana yang tepat untuk anda.

2.Kenali jenis-jenis reksadana
Ada beragam jenis reksadana, mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, terproteksi, campuran, saham, index, dollar, syariah, dan penyertaan terbatas.

3. Tentukan jangka waktu investasi
Untuk jangka waktu kurang dari setahun sebaiknya anda memilih reksadana pasar uang.Untuk investasi 1-3 tahun, anda dapat memilih reksadana pendapatan tetap Untuk jangka waktu 3-5 tahun, gunakanlah reksadana campuran. Terakhir, untuk jika menginginkan investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun, gunakanlah reksa dana saham.

4. Langkah-langkah investasi reksa dana 
Tentukan mana yang seusau dengan kebutuhan anda. Jika ingin uang lebih aman dengan hasil keuntungan yang terbatas maka pilih reksa dana pasar uang, tapi jika ingin keuntungan lebih dan sanggup akan resikonya, anda dapat memilih reksadana campuran.
Langkah kedua adalah memilih produk reksadana yang seusai dengan pilihan jenis reksa dana anda. Lihat rekam jejak keuntungannya selama 3 tahun terakhir. Pastikan keuntungannya konsisten.

5.Pastikan reksadana memiliki izin 

6. Baca Prospektus Reksadana
Prospektus dapat dikatakan sebagai buku manual untuk berinvestasi di reksadana. Segala macam informasi yang Anda butuhkan tentang reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya-biaya investasi, hingga tata cara pembelian dan penjualan reksadana.


Demikian tentang Cara Investasi Reksadana, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan.